Al-Aqsha Milik umat Islam

masjid Al-Aqsha

Bulan Juli lalu, kaum muslimin di Palestina mendapatkan ujian yang sangat berat. Tentara penjajah Israel menutup Masjid Al-Aqsha. Kaum muslimin tidak diperbolehkan masuk dan shalat di dalamnya.

Umat Islam di seluruh dunia mengecam tindakan penjajah Israel. Karena Al-Aqsha adalah milik umat Islam. Umat Islam wajib berjuang untuk membebaskan kembali Al-Aqsha.

Al-Aqsha adalah tempat Mi’raj Rasulullah menuju Sidratul Muntaha

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Israa’: 1)

Al-Aqsha adalah masjid tertua setelah Masjidil Haram

Dari Abu Dzar radhiyallahu anhu berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: Masjid apakah yang pertama kali didirikan di atas permukaan bumi?” Beliau menjawab, “Masjid Al-Haram.” Aku bertanya lagi, “Lalu masjid apa?” “Masjid Al-Aqsha”, jawabnya. “Berapa jarak waktu antara keduanya?”, tanyaku lagi. Beliau menjawab, “40 tahun.” (HR Bukhari)

Al-Aqsha adalah kiblat pertama umat Islam

Awalnya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan kaum muslimin shalat dengan menghadap ke Masjid Al-Aqsha. Saat di Makkah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat di sisi selatan Kakbah, sehingga beliau shalat menghadap Al-Aqsha dan Kakbah sekaligus. Namun, setelah hijrah ke Madinah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak bisa lagi menghadap Kakbah.

Kemudian, Allah Ta’ala menurunkan perintah untuk memalingkan kiblat ke arah Kakbah di Makkah.

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, Maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al-Baqarah: 144)

Disunnahkan untuk shalat di Masjid Al-Aqsha

Umat Islam dianjurkan mengunjungi tiga masjid suci, yaitu Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid AlAqsha di Palestina.

“Tidaklah diupayakan untuk berkunjung kecuali kepada tiga masjid: Masjid Al-Haram, Masjid AlAqsha dan masjidku ini (Nabawi).” (HR Bukhari dan Muslim)

Kini Al-Aqsha sedang ditindas oleh penjajah Israel. Mari kita doakan para pejuang di sana agar segera diberikan kemenangan oleh Allah, dan Al-Aqsha kembali ke pangkuan kaum muslimin.