Al-Khabir, Allah Maha Mengetahui Segala yang Tersembunyi

Allah subhanahu wa ta’ala memiliki banyak nama. Nama-nama Allah kita kenal sebagai asma’ul husna. Dalam Al-Qur`an banyak terdapat ayat-ayat yang mengandung asma’ul husna. Salah satunaya adalah nama “Al-Khabir”.

Nama Al-Khabir terdapat dalam beberapa ayat Al-Qur`an, diantaranya;

“Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui,” [QS. Al-Mulk: 14]

“Sesungguhnya Rabb mereka pada hari itu Maha Mengetahui keadaan mereka,” [QS. Al-Adiyat : 11]

Nama “Al-Khabir” diterjemahkan “Allah Yang Maha Mengetahui”. Lebih tepatnya, Al-Khabir bermakna Allah maha mengetaui hal-hal tersimpan dalam batin dan tersembunyi.

Allah juga memiliki nama “Al-Alim”, yang berarti Maha Mengetahui. Sama-sama Maha Mengetahui, namun keduanya memiliki perbedaan. Al-Alim yaitu mengetahui sesuatu yang bersifat lahir dan terlihat, sedangkan AlKhabir yaitu maha melihat segala sesuatu yang bersifat batin, tersembunyi, dan tidak terlihat.

Jadi, Allah mengetahui segala perbuatan makhluk secara lahir, maupun segala sesuatu yang terbersit dalam lubuk hati mereka. Tidak ada satu pun kejadian di langit ataupun bumi yang tersembunyi serta luput dari pengetahuan Allah Ta’ala. Itulah salah satu kesempurnaan Allah, yaitu memiliki dua nama ini sekaligus, Al-‘Alim dan Al-Khabir.

Seorang yang beriman wajib mengimani nama dan sifat Allah. Karenanya, kita pun harus mengimani nama Al-Khabir dan juga Al-‘Alim. Sehingga dalam hati kita akan tumbuh rasa selalu takut kepada Allah dan merasa selalu diawasi oleh Allah. Karena kita tahu, Allah Ta’ala itu Maha Mengetahui segala perbuatan kita, meskipun masih berupa niatan dalam hati.

Yakin bahwa Allah Al-Khabir juga dapat menghindarkan kita dari bermacam penyakit hati, seperti iri, dengki, riya’, maupun munafik. Sifat riya’ adalah ingin agar amalan kita dilihat dan dipuji oleh orang lain. Sedangkan sifat munafik adalah seolah-seolah keimanan tapi hatinya menolak untuk beriman. Allah maha mengetahui sifat-sifat buruk ini dalam hati setiap manusia.

Yakin bahwa Allah Al-Khabir dapat membantu kita untuk menjaga niat, menjaga lisan, dan menjaga setiap amal perbuatan kita. Karena kita yakin, Allah maha mengetahui apa yang terbersit dalam hati, apa yang terucap lewat lisan, apa yang tergerak lewat perbuatan kita.

Wallahu a’lam.

 

BACA JUGA: Al Mukmin, Allah Maha Memberi Keamanan