Al Mukmin, Allah Maha memberi Keamanan

al mikmin, Allah maha pemberi keimanan- majalah anak islalm adzkia-rubrik akidh

“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci (Al Quddus), Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al Hasyr: 23).

Al-Mukmin adalah salah satu Asmaul Husna. Allah memiliki nama dan sifat yang disebut Al-Mukmin. Nama AlMukmin memiliki beberapa makna.

Pertama, Al-Mukmin artinya Dzat Yang Maha Membenarkan. Orang yang beriman disebut mukmin, artinya membenarkan, mempercayai, dan meyakini bahwa Allah adalah Rabbnya dan membenarkan para Rasul. Allah disebut Al-Mukmin maksudnya Allah Maha membenarkan keimanan para hamba. Allah tahu siapa yang benar-benar beriman dan siapa yang hanya pura-pura atau munafik.

Kedua, Al-Mukmin artinya Maha memenuhi janji dan dapat dipercaya. Allah telah berjanji dalam Al-Qur`an akan memberikan keselamatan kepada hamba-hamba yang beriman dan beramal shalih. Janji ini pasti akan ditepati, kelak di akhirat. Allah telah mengabarkan bahwa saat hari Kiamat akan terjadi berbagai macam peristiwa, ini pun pasti akan terjadi. Dan Allah akan menghukumi dengan adil setiap manusia yang durhaka, janji ini juga pasti akan dipenuhi.

Ketiga, Al-Mukmin artinya Maha memberi keamanan. Maksudnya, Allah akan memberi keamanan bagi hambahamba beriman dari siksaNya. Juga memberi keamanan bagi orang-orang yang memohon perlindungan dari berbagai macam hal, di dunia maupun di akhirat.

Orang yang beriman yakin akan kebenaran Allah ta’ala. Jika kita beriman, tentu kita yakin akan sifat “Al-Mukmin”. Sehingga hati kita akan menjadi lebih tenang. Hati akan yakin dengan kekuasaan dan perlindungan dari Allah. Juga dapat mendorong kita untuk rajin beribadah karena pertolongan dan perlindungan Allah diperuntukkan bagi hamba yang taat kepada-Nya.