Almond, Kacang yang Kaya Nutrisi

kacang almond

Namanya Almond, sering disebut kacang Almond. Tapi, dia sebenarnya bukanlah sejenis kacang, melainkan buah yang berbiji.

Tanaman almond tidak seperti tanaman kacang tanah. Tanaman Almond tergolong pohon tinggi. Pohonnya dapat tumbuh hingga setinggi 4-10 meter. Batangnya berdiameter sampai 30 cm. Daunnya kecil panjang dengan tepi bergerigi. Panjang daunnya sekira 7 – 12 cm.

Bunga tumbuh bergerombol lima kuntum pada tiap batang. Warnanya putih bersemu merah pucat.

Tanaman Almond mulai berbuah setelah 5 tahun. Buah siap dipanen setelah 8 bulan sejak awal berbunga. Buah almond berukuran 3 – 6 cm. Dalam setiap buah terdapat satu butir biji Almond.

Jenis Almond

Ada dua jenis Almond, yaitu almond manis yang biasa dimakan, dan almond pahit yang digunakan untuk membuat minyak almond.

Kacang almond sering dijuluki sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Almond kaya kandungan serat, asam lemak omega-3, vitamin E, vitamin B kompleks, dan tinggi protein. Karenanya, almond sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Di beberapa wilayah Almond memiliki nama berbeda. Misalnya mandel atau knackmandel (Jerman), mandorla (Italia untuk buah), amendoa (Portugis), dan almendra (Spanyol). Di Indonesia, kacang almond dikenal juga dengan sebutan kacang badam. Nama latin dari tanaman Almond adalah Prunus dulcis atau Amygdalus communis.

 

BACA JUGA: TUMBUHAN PATAH TULANG