Anggrek Tebu Anggrek Terbesar dan Terberat

bunga angrek tebu

Bunga Anggrek biasanya tumbuh dari tanaman yang kecil. Jadi, bayangkan ada tanaman anggrek yang sangat besar dan berat, dengan ratusan bunga yang tumbuh di batangnya. Wah, pasti indah sekali! Ya, inilah anggrek tebu, ratu dari para anggrek.

Batang-batangnya mirip dengan batang tebu. Karenanya, anggrek ini dinamai anggrek tebu. Dalam satu batang terdapat puluhan hingga ratusan kuntum bunga. Masing-masing bunga berdiameter sekira 10 cm.

Bunga Anggrek tebu

Anggrek tebu tumbuh dalam rumpun. Tumbuh di sela-sela atau pangkal pohon besar di daerah dataran rendah yang beriklim tropis dengan sinar matahari langsung. Satu rumpun Anggrek tebu bisa mencapai tinggi 3 meter, lebar 1 sampai 2 meter, dan beratnya mencapai 1 ton, atau 1.000 kilogram. Itulah sebabnya tanaman ini menjadi anggrek yang terbesar dan terberat atau anggrek raksasa

Bunga anggrek tebu berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah, atau merah kehitamhitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.

Anggrek tebu tergolong tanaman yang dilindungi. Di Indonesia, anggrek tebu terdapat di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Sedangkan di dunia, anggrek tebu tersebar mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea.

Anggrek tebu memiliki beberapa nama, seperti anggrek macan dan anggrek ratu. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sugar Cane Orchid (anggrek tebu), Giant Orchid (anggrek raksasa), atau Queen of the Orchids (Ratu para anggrek). Nama ilmiahnya adalah Grammatophyllum speciosum.

 

BACA JUGA: CENDANA KAYU BERBAU HARUM