Aogashima, Desa yang paling berbahaya

Manusia umumnya senang tinggal di tempat yang nyaman. Tapi, di Jepang, ada sebuah desa yang terletak di gunung berapi, di tengah laut pula. Aogashima adalah pulau kecil seluas 8,85 kilometer persegi yang ada di Laut Filipina. Pulau ini masuk dalam wilayah negara Jepang, meskipun berjarak sangat jauh dari Jepang. Selain jauh, jalur akses untuk datang ke Aogashima juga sulit. Karena itulah, Aogashima disebut sebagai pulau paling terpencil di Jepang.

Di pulau ini ada sebuah gunung api yang masih aktif, mirip dengan gunung Krakatau di Indonesia. Tapi, bukan gunung api yang membuah pulau ini unik. Di pulau ini ternyata ada sebuah desa kecil yang dihuni 170 orang. Bayangkan, tinggal di pulau terpencil dan ada gunung apinya. Wah, pasti berbahaya sekali, ya!aogashima-45b65d.jpg

Baca juga : Sisa Letusan Dahsyat Gunung Pinatumbo

Walaupun sangat terpencil dan sangat berbahaya, alam di sana sangat indah. Tanahnya sangat subur dan bagus untuk bercocok tanam. Dan, keunikan pulau ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sana.

aogashima-village.jpgPada tahun 1780, gunung api di pulau ini pernah meletus. Letusan dahsyat yang menelan korban 327 penduduk yang tinggal disana. Pendudul yang selamat diungsikan ke luar pulau. Namun setelah 50 tahun berlalu, penduduk yang selamat tersebut kembali lagi ke pulau Aogashima. Sejak itulah, desa di Aogashima itu kembali berpenduduk hingga sekarang.