Apa itu Haidh?

apa itu haidh

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz, saya mau bertanya, apa itu haidh? Bolehkah wanita yang haid memegang Al-Qur`an yang ada terjemahnya? Jika sedang haidh, kemudian siangnya sudah bersih (suci dari hadih) bolehkah langsung berpuasa?

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Aulia Hanifah Azzahra – Kls. 5 Lampung Tengah.

Khoiru Mirza K – Kls.s 5 SD, Surabaya.

Syifa Shaliha – Banyumas Ana – Kab Kendal Hanadhia Khoirunnisa – Kls. 4, Bandar Lampung.

Jawab :

Alhamdulillah, semoga Allah memudahkan kita untuk bisa taat kepdaNya, amin. Adik adik yang shalihah, haidh adalah keluarnya darah dari kemaluan wanita, yang menjadi tanda bahwa wanita itu telah baligh.

Haidh datang setiap bulan. Ini adalah ketetapan Allah kepada setiap wanita. Dahulu Rasulullah pernah juga ditanya, apa itu haidh? maka turunlah firman Allah menjawab pertanyaan tersebut, yang artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran..” (QS. Al-Baqarah:222)

Maksudnya, ketika sedang haidh, maka wanita itu sedang terkena hadats. Wanita haidh tidak boleh melakukan beberapa ibadah kepada Allah dalam keadaan haidh, contohnya; tidak boleh shalat wajib dan tidak diperintah untuk mengganti shalat wajib yang ditinggalkan ketika haidh; tidak boleh tawaf (ketika haji), dan tidak boleh berpuasa. Setelah suci, dia harus mengganti mengganti puasa yang ditinggalkannya. Jika siang hari dia sudah suci, maka dia harus melaksanakan shalat sesuai waktunya. Dan dia baru bisa berpuasa keesokan harinya.

Meski sedang haidh, wanita muslimah boleh berdzikir kepada Allah, muroja’ah (mengulang) hapalan alqur’annya, membaca alqur’an dari alqur’an terjemahan atau belajar dan membaca ayat alqur’an di kitab kitab fiqih dan kitab hadits. Wallahua’lam