Apa sih fungsi ekor pada binatang?  

Banyak binatang yang memiliki ekor. Ada yang panjang. Ada pula yang pendek. Bagi binatang, ekor ternyata sangat berguna. Nah, apa saja sih, fungsi ekor-ekor pada binatang?

Menjaga keseimbangan dan membantu pergerakan tubuh

fungsi ekorBeberapa binatang menggunakan ekor sebagai penyeimbang tubuh saat bergerak. Misalnya, kucing yang menggunakan ekor sebagai penyeimbang saat berjalan di atap rumah atau pinggir jurang. Tupai dapat duduk santai di atas pohon, karena menggunakan ekornya sebagai penjaga keseimbangan tubuhnya.

Burung dan ikan menggunakan ekor menentukan arah bergerak. Cheetah menggunakan ekor untuk membantu proses berbelok dan berbalik saat sedang berlari kencang mengejar mangsa.

Ekor sebagai alat komunikasi

Burung merak jantan menggunakan ekor mereka yang sangat cantik untuk menarik perhatian merak betina. Anjing mengibaskan ekornya sebagai untuk menyampaikan pesan kepada pemiliknya. Anjing akan menggoyang-goyangkan ekor saat merasa senang, dan menurunkan ekor saat merasa sedih.

Ekor untuk alat pertahanan

fungsi ekorAda juga binatang yang menggunakan ekornya sebagai senjata. Buaya dan kanguru dapat memukulkan ekornya untuk mengusir musuh. Kalajengking memiliki bisa pada ekornya. Kadal dan cicak dapat memutuskan ekornya untuk mengalihkan perhatian pemangsanya.

Baca juga : Mengapa Laut Bergelombang?

Ekor untuk menjaga suhu tubuh

Rubah yang hidup di daerah yang sangat dingin menggunakan ekornya yang panjang dan hangat sebagai selimut alami. Menjaga agar mereka tidak mati kedinginan saat tidur. Leopard salju, keluarga jauh kucing, juga menggunakan ekor mereka yang panjang dan tebal untuk menutupi leher dan bagian tubuh lain saat malam hari.fungsi ekor

Pengganti Tangan

Kuda dan sapi sering dihinggapi lalat atau nyamuk. Karena tak memiliki tangan, mereka pun mengibaskan ekornya untuk mengusir nyamuk yang mengeruminya.

Ada juga jenis kera yang menggunakan ekor panjang mereka sebagai tangan yang bisa membantu memanjat pohon hingga memegang ranting pohon atau buah pisang.

Dan, masih banyak cara binatang untuk memanfaatkan ekornya. Kalian bisa menambahkannya?