Apakah Makan membatalkan Wudhu?

Apakah Makan membatalkan Wudhu?

Assalamu’alikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan Ustadz, nama saya Bela Indri Ayunita, biasa dipanggil Bela. Ustadz saya mau tanya, apakah makan, minum, memakai bedak dan lotion setelah berwudhu dapat membatalkan wudhu?

Sekian dulu pertanyaannya mohon di jawab ya ustadz, jazakumullah kahairan katsiran

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bela Indri Ayunita

Yosowinangun, Lumajang

 

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillah bagus sekali pertanyaan adik Bela, semoga Allah menambahkan semangat untuk semua adik adik dalam beribadah kepada Allah ta’ala, amin.

Wudhu adalah miftahus shalat, artinya kunci untuk membuka atau memulai shalat. Kalau seorang muslim belum berwudhu, maka ia tidak boleh mengerjakan shalat. Shalat yang dikerjakan tanpa didahului dengan berwudhu, maka shalatnya batal dan tidak sah.

Tujuan wudhu adalah untuk bersuci dari hadats kecil. Karena itu, wudhu dapat batal jika kita terkena hadats kecil. Misalnya, buang air kecil, buang angin (kentut), dan buang air besar. Sedangkan makan dan minum tidak membatalkan wudhu. Satu-satunya makanan yang membatalkan wudhu adalah daging onta. Jika kita makan daging onta, maka kita harus berwudhu lagi sebelum shalat, karena wudhu kita telah batal.

Rasulullah shallallahu’alihi wasallam pernah ditanya sahabatnya tentang daging onta :

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – عَنْ الْوُضُوءِ مِنْ لُحُومِ الْإِبِلِ، فَقَالَ: تَوَضَّئُوا مِنْهَا وَسُئِلَ عَنْ لُحُومِ الْغَنَمِ، فَقَالَ: لَا تَوَضَّئُوا مِنْهَا

Dari Al Barro’ bin ‘Azib, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam ditanya tentang wudhu (karena makan) daging onta. Beliau bersabda: berwudhulah kalian (setelah makan daging onta). Kemudian sahabat bertanya apakah wajib berwudhu (ketika makan) daging kambing? Beliau menjawab: tidak ada wudhu setelah (makan daging kambing).” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Jadi, makan selain daging onta tidak membatalkan wudhu. Demikian juga, memakai bedak atau lotion tidak membatalkan wudhu. Wallahua’lam.