As Salaam, Dzat Yang Maha memberi Keselamatan

as salaam

“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci (Al-Quddus), Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al-Hasyr: 23).

As Salaam adalah salah satu asmaul husna. Salam artinya selamat atau sejahtera. Makna nama As-Salam bagi Allah artinya adalah dzat yang Maha selamat dari segala aib dan kekurangan. Nama ini menunjukkan kesempurnaan Allah dalam setiap sisi.

Manusia adalah makhluk yang memiliki kekurangan

Manusia adalah makhluk yang memiliki kekurangan. Manusia bisa lupa, melakukan kesalahan, tidur, mengeluarkan kotoran. Manusia pasti pernah melakukan salah satu dosa seperti bohong, dengki, jail, zhalim dan mengambil apa yang bukan menjadi haknya.

Allah adalah Dzat yang maha sempurna. Allah terbebas dari segala bentuk kekurangan. Allah tidak pernah salah dalam melakukan apapun yang menjadi kehendak-Nya. Allah juga tidak pernah salah dalam menciptakan dan menentukan takdir hidup. Allah tidak pernah lupa terhadap semua yang terjadi di alam semesta. Dan tidak ada yang dapat bersembunyi dari Allah.

BACA JUGA:  Al Quddus Dzat yang maha Suci

As-Salam juga berarti sejahtera, yaitu Dzat yang memberi keselamatan dan kesejahteraan. Semua keselamatan dan kesejahteraan berasal dari Allah. Hanya Allah yang mampu menyelamatkan seseorang baik saat di dunia maupun di akhirat.

Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk menebarkan salam. Artinya kita mendoakan sesama muslim agar mendapat kesejahteraan dan keselamatan dari Allah. Menebarkan salam juga dapat menyebabkan kita masuk surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Tidaklah kalian bisa masuk surga hingga kalian beriman, dan kalian tidaklah beriman hingga kalian saling mencintai. Tidakkah kalian ingin aku tunjukkan kepada sesuatu? Jika kalian melaksanakannya, maka kalian saling mencintai. Yaitu tebarkan salam di antara kalian.” [HR Muslim]

As-Salam dapat berarti juga Dzat yang memberi keselamatan. Jadi, jika kita ingin memohon keselamatan dan kesejahteraan, hendaknya kita meminta kepada Dzat yang maha menyelamatkan dan memberi kesejahteraan yaitu Allah. Bukan kepada batu, arwah leluhur atau patung dewa.

Itulah arti dan bentuk pengamalan dari asmaul Husna “As-Salam”.