Pohon Asem Buto, Si Pohon Raksasa

Pohon Asem Buto

Namanya pohon Asem buto, artinya asam raksasa. Ya, pohon ini memang berukuran sangat besar. Seberapa besarĀ  ya, pohon asam buto ini?

Pohon Asem Buto adalah sebutan untuk pohon Baobab Afrika (African Baobab). Pohon ini bisa tumbuh hingga setinggi 30 meter, dengan diameter batangnya mencapai 7-11 meter. Bahkan, satu jenis pohon Baobab di Afrika Selatan bisa tumbuh setinggi 47 meter, lingkar batangnya hampir 16 meter, dan sebaran daun (dahan) mencapai 37 meter. Wah, besar sekali ya!

Baobab atau Asem Buto berasal dari Afrika. Bibit pohon ini masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari Timur Tengah dan Afrika. Ternyata di Indonesia, pohon ini bisa tumbuh dengan baik. Di daerah Jawa Barat, terdapat puluhan pohon Baobab yang telah berusia sekitar 160 tahun.c

Pohon yang Unik

Pohon Asem buto mampu bertahan hidup di daerah panas, hutan kering, daerah berbatu, hingga daerah dengan curah hujan yang rendah. Batang tanaman ini dapat menyimpan air hingga sebanyak 120.000 liter.

Oya, tanaman baobab atau asem buto ternyata memiliki manfaatĀ  yang sangat banyak, lho! Buahnya mengandung banyak vitamin C, hingga enam kali lebih banyak dari jeruk. Kandungan kalsiumnya juga tinggi, lebih tinggi daripada susu. Daunnya dapat dimakan sebagai lalap atau sayur yang bergizi tinggi.adansonia_digitata

Asem Buto dinamakan pula Ki Tambleg. Dalam bahasa Inggris disebut baobab, boab, boaboa, bottle tree, upside-down tree, Cream of Tartar tree, lemonade tree, dan monkey bread tree.