Bagaimana bisa Layang-layang Terbang?

layang-layang terbang

Pernahkah kamu bermain layang-layang? Paling menyenangkan jika layanglayang bisa terbang tinggi. Lalu, kita mengendalikannya dari bawah dengan seutas benang. Membuat layang-layang kita seperti menari di angkasa.

Tapi, hati-hati ya! Kamu sebaiknya tidak bermain layang di dekat jaringan listrik. Jika benang layanglayangmu tersangkut kabel listrik bisa membahayakan dirimu.

Agar bisa terbang, layang-layang harus ringan, memiliki bidang untuk menangkap angin, dan diikat dengan benang yang panjang. Satu lagi, layanglayang terbang membutuhkan hembusan yang cukup kencang.

Kenapa Bisa Terbang?

Layang-layang bisa terbang karena adanya gaya angkat. Gaya angkat terjadi saat angin menabrak bidang layanglayang. Pada saat bersamaan, benang yang terikat pada layang-layang menahan agar layang-layang tidak terbawa angin. Jadilah, layang-layang terangkat ke udara dan terbang.

Kita bisa mengendalikan layang-layang dengan cara menarik atau mengulur benangnya. Saat benang ditarik, layanglayang semakin menaik. Ketika kita melepaskan tali sedikit, layang-layang akan sedikit turun.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat layang-layangmu terbang seolah menari di angkasa.

 

BACA JUGA: APA BEDANYA, AIR MENDIDIH DENGAN AIR MENGUAP?