Bagaimana Kerja Penangkal Petir?

Lihatlah gedung atau bangunan yang tinggi. Kalian akan melihat batang besi yang mengarah ke atas. Itulah penangkal petir, yang berguna untuk menghindarkan gedung dari sambaran petir.

penangkal petir

Tahukah kamu, bagaimana penangkal petir bekerja?

Penangkal petir sebenarnya bukan mencegah petih. Penangkal petir justru dipasang untuk menangkap petir. Petir yang ditangkap akan disalurkan ke dalam tanah. Sehingga, gedung dan sekitarnya terhindar dari sambaran petir yang besar.

Kok bisa, ya!

lightning-strike

Petir terjadi karena adanya muatan listrik pada awan. Awan mengandung titik-titik air yang selalu bergerak. Pergerakan ini memunculkan muatan listrik. Bagian bawah awan bermuatan negatif, sedangkan bagian atas bermuatan positif.

Baca juga : Ceres – Si Planet Kerdil

Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan tertarik ke ujung batang penangkal petir. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik berupa petir.

c

Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor. Sehingga petir tidak menyambar bangunan, melainkan merambat melalui kawat listrik yang tersalur ke tanah.