Bahaya Sampah Plastik

Setiap hari, kita menggunakan plastik. Sebagian besar plastik yang telah digunakan, akan kita buang. Seperti, kantong plastik, kemasan makanan, botol minuman, dan lainnya. Nah, tahukah kalian, membuang sampah plastik ternyata sangat membahayakan lingkungan.

Mengapa sampah plastik harus dikurangi?

Menurut data tahun 2010, ada sekira 4,8 hingga 12,7 juta ton sampah plastik yang memasuki lautan. Ini setara dengan 4.762.000.000 – 12.700.000.000 kg. Jika dibandingkan, beratnya mencapai 1,3 kali berat Piramida Besar di Giza, Mesir. Wah, banyak sekali, ya!

Plastik hanya digunakan sebentar, tapi membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun untuk hancur terurai dengan sempurna. Karenanya, sampah plastik terus menumpuk dan mencemari tanah, sungai, dan lautan.

Sampah plastik mengandung racun

Plastik juga mengandung racun. Racun-racun dari plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. Akibatnya, tanah yang tercemar plastik akan kehilangan kesuburannya.

Plastik yang mencemari lautan dapat membunuh hewan-hewan laut. Lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut sering memakan kantong-kantong plastik yang terbawa sampai laut. Mereka pun mati karena tidak dapat mencernanya. Dalam setahun, plastik dapat membunuh satu juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan ikan-ikan yang tak terhitung jumlahnya.

Itu hanya sedikit dari bahaya sampah plastik. Jadi, mulai sekarang, kita memang harus mengurangi penggunaan plastik.