Bakteri Baik, Sahabat Kita

Bakteri Baik, Sahabat Kita

Bayangkan, kalian hidup bersama jutaan bakteri! Wah, pasti menakutkan! Eh, tapi jangan salah. Di dalam tubuh kita ternyata hidup jutaan bakteri yang bermanfaat bagi tubuh. Kita boleh menyebutnya bakteri baik.bacteri1

Ya, tidak semua bakteri menimbulkan penyakit. Di dalam usus kita terdapat bakteri pembusuk. Salah satunya adalah bakteri bernama Escherisia coli. Bakteri ini bermanfaat untuk membantu penguraian sisa-sisa pencernaan, memproduksi vitamin K, serta mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus.

Saat minum yoghurt, kamu juga menelan bakteri dari jenis Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium. Bakteri ini bila dicampur dengan susu akan menghasilkan yoghurt. Bakteri-bakteri dalam yoghurt adalah bakteri yang bermanfaat bagi tubuh.

bacteri2Para petani diuntungkan dengan adanya bakteri nitrogen. Bakteri nitrogen mampu mengikat nitrogen yang ada di udara dan menyimpannya di akar sehingga tanaman menjadi semakin subur. Jenis-jenis bakteri nitrogen di antaranya bakteri rhizobium, sinorhizobium, mesorhizobium, dan sebagainya. Ada pula bakteri nitrifikasi yang dapat menyusup ke senyawa nitrat di dalam tanah. Bakteri ini sangat berperan dalam meningkatkan kualitas tanaman.

Sementara itu, bakteri yang menguntungkan dalam bidang kesehatan ialah Streptomyces griseus, Streptomyces aureofaciens, Streptomyces venezuelae, Penicillium, Bacillus polymyxa, dan lain-lain. Bakteri-bakteri ini bermanfaat dalam pembuatan obat antibiotik.