Bangau Storm, Si Paruh Merah yang Hampir Punah

Burung bangau memiliki banyak macam. Salah satunya adalah bangau berparuh merah. Namanya Bangau Storm.

Bangau Storm

Bangau Storm (Ciconia stormi) tergolong burung berukuran besar. Panjang tubuhnya mencapai 75-91 cm. Bulu pada sayap, punggung, mahkota, pangkal leher, dan dada berwarna hitam, sedangkan bulu pada tenggorokan, tengkuk, perut, dan ekor berwarna putih.

Ciri khas burung ini adalah paruhnya yang berwarna merah, panjang dan agak melengkung ke atas. Kulit di bagian muka, bagian tungkai dan kaki juga berwarna merah jambu. Lingkar matanya berwarna kuning.

5659203528_7280129bc4_b

Burung bangau storm tersebar di wilayah Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, dan Thailand. Di Indonesia, burung ini hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan. Habitatnya adalah daerah lahan basah seperti rawa-rawa, hutan rawa, rawa gambut, dan di sekitar daerah aliran sungai di daerah dataran rendah. Makanan bagau storm adalah  ikan, katak, udang, kepiring, cacing tanah, dan serangga air.

c

Di seluruh dunia, bangau storm diperkirakan tinggal tersisa sekira 500 ekor. Karenanya, bangau paruh merah ini digolongkan sebagai sebagai spesies Endangered (terancam punah). Kelangkaan burung ini disebabkan oleh perburuan liar dan rusaknya habitat.

Jenis bangau lain yang sangat mirip dengan bangau storm adalah bangau hitam atau bangau Sendang Lawe Hitam (Ciconia episcopus). Bedanya, pada bangau sendang lawe adalah bulu pada pangkal lehernya berwarna putih. Populasi burung sendang lawe lebih banyak dibandingkan bangau Storm.