Baning Cokelat, Kura-kura Besar yang Langka

baning coklat

Kura-kura memiliki banyak jenis. Nah,salah satunya adalah kurakura darat bertubuh besar ini. Namanya baning cokelat.

Baning cokelat adalah jenis kura-kura berbadan besar. Panjang tempurung tubuhnya mencapai 40 – 60 sentimeter dan beratnya mencapai 40 kilogram. Kepala besar dan lehernya pendek.

  Seperti jenis kura-kura lainnya, tubuh baning cokelat dilindungi oleh tempurung yang sangat keras. Tempurung bagian atas disebut karapas,

sedangkan tempurung bagian bawah disebut plastron.

Bentuk plastron berbeda antara jenis jantan dan betina. Kura-kura jantan memiliki plastron yang lebih cekung. Sedangkan kura-kura betina memiliki plastron yang lebih datar.

Kakinya besar menyerupai kaki gajah. Jari-jarinya tidak nampak jelas. Kaki belakang berkuku lima dan kaki depan berkuku empat berbentuk meruncing. Pada kaki terdapat sisik-sisik yang menebal menyerupai kuku.

Habitat Baning Coklat

Baning cokelat menyukai tempat-tempat yang lembab. Mereka suka berendam di sungai yang dangkal atau mengubur diri di tanah yang basah. Makanannya adalah tumbuh-tumbuhan. Namun, terkadang mereka juga memakan siput, cacing, hewan-hewan kecil lainnya.

Baning cokelat memiliki nama latin (Manouria emys). Dalam bahasa Inggris disebut sebagai giant brown tortoise, Asian brown tortoise, atau Asian forest tortoise. Mereka hidup tersebar di Asia Selatan hingga ke Indonesia. Sayangnya, hewan unik ini terancam punah akibat perburuan oleh manusia dan berkurangnya habitat.

 

BACA JUGA: TAWON RASAKSA, PENYENGAT YANG BERBAHAYA