Banyak Baca, Tambah Tahu

Banyak Baca, Tambah Tahu

Liburan tengah semester telah usai. Kalian berlibur di mana? Ke kampung nenek? Jalan-jalan ke tempat wisata? Ataukah di rumah saja, bermain bersama kawan-kawan? Kemanapun kalian liburan, semoga tidak melupakan kegiatan yang satu ini. Kegiatan yang sangat bermanfaat. Ya, membaca!

Nah, berapa buku yang kalian baca selama liburan kemarin? Buku apa saja yang kalian baca?

Mungkin ada yang membaca kisah nabi Muhammad. Kita jadi bahwa Nabi Muhammad sudah berakhlak baik sejak kecilnya. Nabi tidak pernah melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Akhlaknya mulia, kesehariannya selalu menghormat dan menyayang. Semua orang suka kepadanya.

Ada juga yang membaca kisah-kisah kepahlawanan para sahabat nabi. Kisah manusia-manusia mulia yang telah diridhai Allah. Mereka gagah berani. Berjuang bersama nabi melawan orang-orang musyrik. Mengajak manusia untuk mengabdi hanya kepada Allah. Ini kisah nyata. Benar-benar terjadi dalam dunia nyata.

Atau, membaca dunia binatang dan tumbuhan, maupun buku-buku pengetahuan alam. Insyaallah, semua ada manfaatnya.  Yang tidak bermanfaat itu ketika waktunya habis hanya untuk main game. Ini yang disebut rugi besar. Ssst, tak boleh diulang ya. Oya, majalah Adzkia ini juga kalian baca semua, kan? Alhamdulillah….

Banyak Baca, Tambah Tahu

Gemar membaca itu baik. Banyak baca banyak tahu. Tidak membaca, pasti sedikit ilmu. Banyak baca banyak ilmu. Tidak membaca, pasti rugi. Yuk, banyak-banyak membaca. Kata orang, membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca kita bisa melihat dunia. Pasti keren!

Tunjukkan kepada ayah atau abimu, bahwa kamu suka membaca.  Lihatkan kepada ibu atau umimu, bahwa kamu rajin membaca. Kedua orang tuamu pasti senang. Kemudian membelikanmu buku-buku cerita. Atau kamupun akan mudah sekali, untuk minta dibelikan buku, jika kamunya rajin membaca. Karena pasti ayah dan ibu kamu mendukungnya.

Subhanallah, tak terbayangkan jika semua di rumah senang membaca. Pasti ada ruang pustakanya. Berjejer rak-rak buku di sana. Ragam ukuran dan warna buku. Banyak pilihan judul. Dari buku-buku agama, buku ilmu pengetahuan umum, hingga buku-buku cerita. Baik cerita nyata ataupun fiktif. Soal kehidupan manusia dahulu hingga modern, sekarang. Semua menarik untuk dibaca.

Agar kamu senang membaca, pastikan ada bukunya. Bukunya banyak, sehingga kamu bisa memilih mana yang disuka. Rak buku ditata rapi. Selalu mengembalikan ke tempat semula, setiap usai membaca.  Juga ruang baca mesti nyaman. Ada tempat duduknya. Ada hiasannya. Wangi harum aromanya. Dan, terang lampunya.

Asyik Membaca

Semangat membaca tidak boleh hilang. Pastikan setiap hari ada waktu membaca. Sekurangnya lima belas menit. Lebih lama, lebih baik. Tiada hari yang tanpa membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan. Seperti kalian butuh makan dan minum. Sungguh terasa laparnya, jika tidak makan. Akan sangat haus jika tidak segera minum. Dan, rugi sekali jika tidak membaca.

Membaca lebih asyik jika ada teman. Membaca sendirian memang sepi. Cepat bosan, cepat lelah. Coba deh, ajak kawanmu untuk membaca. Walaupun buku yang dibaca berbeda, namun kebersamaan tetap asyik terasa. Dan membaca bisa lama, bahkan tidak mau berhenti. Apalagi bagi kamu yang sering penasaran. Pengennya bacaaa terus, sampe abis. Baru, berhenti.

Ajak ayah atau ibu ke ke toko buku atau pameran buku. Insya Allah, akan menambah minat bacamu. Kalian akan tahu bahwa jumlah buku kian hari makin bertambah. Semuanya berisi pengetahuan. Haus pengetahuan, pasti hilang dengan membaca.

Orang biasa membaca akan ringan sekalipun buku yang dibaca tebal. Tapi bagi yang tidak biasa akan malas, meskipun membaca satu halaman.

Yuk banyak-banyak membaca.