Banyak Membaca, Luas Ilmunya

Banyak Membaca

Lagi ngapain kamu? Pasti sedang membaca, kan? Yang pasti, ya sedang membaca tulisan ini.

Alhamdulillah, jika kamu gemar membaca buku. Buku adalah gudang ilmu. Banyak membaca banyak tahu. Banyak membaca luas ilmunya. Banyak membaca bisa bercerita. Banyak membaca banyak tahu kosa kata. Banyak membaca banyak tahu model kalimat baru yang tidak tahu sebelumnya. Banyak membaca akan mudah menulis. Menulis cerita, menulis apa saja.

Jika belum suka membaca, yuk latih dari sekarang. Jangan sampai keterusan malas membaca. Malas membaca tidak banyak tahu. Tidak membaca tidak banyak mengerti peristiwa. Tidak membaca, banyak ketinggalan berita.

Kebiasaan membaca tidak datang tiba-tiba. Kebiasaan membaca harus dilatih. Butuh waktu yang tidak sedikit. Dan mengawalinya mesti dipaksa. Kemudian baru mewujud menjadi kebiasaan, setelah lama dipaksa. Tentu kamu akan menemui banyak rintangan, banyak hambatan.

Terkadang rintangan itu muncul dari kamu sendiri. Bukan dari orang lain. Karenanya untuk tujuan mulia ini, mesti harus tegas. Kamu harus siap untuk menjadi orang yang suka membaca. Siap dipaksa di awal. Kamu sendiri yang memaksanya.

Kadangpula, kamu merasa berat atau malas karena tidak punya kawan membaca. Tidak ada orang yang menyemangati. Karena kawanmu lebih sering mengajakmu nonton, main game, bermain, jalan-jalan.

Jika belum bisa membaca sendirian, maka ajaklah kawan untuk menemani membaca. Atau gabunglah dengan kawan-kawanmu yang suka dan terbiasa membaca. Ajak mereka untuk menentukan jam dan hari kapan saatnya membaca bersama. Di mana membaca, dan buku apa saja yang akan dibaca. Asyik bukan? Bisa saling tukar informasi dari apa yang dibaca. Bisa saling menceritakan.

Cinta buku, ini penting. Suka dengan macam-macam buku. Senang dengan judul-judulnya, warna-warni covernya. Atau apapun yang menarik dari buku. Sehingga bisa memotivasi diri untuk mau membaca. Suka membaca. Terbiasa membaca. Tiada hari tanpa membaca. Karena buku-buku yang tersedia selalu menarik untuk dibaca.

Baca juga : Rajin Mengaji Bertambah Ilmu

Saat liburan, kamu bisa berwisata ke toko buku. Atau, ajak keluargamu mengunjungi pameran buku. Masuk dari stand satu ke berikutnya untuk mengenali banyak dan ragam buku. Bersama ayah atau bunda memilih buku yang baik, lalu dibeli dibawa pulang.

Buku yang kamu baca tidak selalu harus kamu miliki. Bisa juga pinjam teman. Atau datang ke perpustakaan. Biasanya perpustakaan pun meminjamkan, bahkan bisa dibawa pulang ke rumah. Rajin-rajinlah datang ke perpustakaan, ajak juga kawan. Bisa hadir di perpustakaan umum. Bisa juga mengunjungi perpustakaan di sekolah.

Banyak membaca, luas ilmunya.  Niatkan untuk selalu membaca, walau hanya sepuluh hingga lima belas menit. Lebih lama lebih baik lagi. Selain buku-buku cerita ringan, sudah harus dimulai membaca buku-buku siroh, sejarah kehidupan rasulullah. Demikian juga perjalanan hidup orang-orang yang selalu bersamanya, para shahabat.

Banyak membaca, luas ilmunya. Pastikan juga membaca buku agama, berkait dengan ibadah harian. Agar menjalani ibadah ini selalu berdasar ilmu. Bukan sekedar beramal tanpa mengerti ilmu dan hukumnya. Makin berilmu, makin besar peluang pahalanya. Akan sangat berbeda antara orang berilmu dan orang-orang bodoh.

Banyak membaca, luas ilmunya. Sungguh Allah meninggikan derajat orang berilmu…

Wallahu A’lam