Beo Nias, Burung yang Pandai Meniru

Beo Nias, Burung yang Pandai Meniru

Burung apa yang sering menirukan kata-kata manusia? Ya, burung beo. Dan, burung beo yang paling pandai meniru suara adalah burung Beo Nias, dari Indonesia.

Burung beo banyak jenisnya. Burung beo Nias adalah salah satunya. Burung ini hanya terdapat di pulau Nias, Sumatera Utara.

Beo Nias memiliki ukuran tubuh paling besar dibandingkan jenis beo lainnya. Panjang tubuhnya mencapai 40 sentimeter. Jenis ini juga paling pintar dalam menirukan berbagai suara, termasuk ucapan manusia.

Tubuh beo Nias tertutup bulu berwarna hitam, kecuali pada sayap yang berbulu putih. Paruhnya runcing berwarna kuning kemerahan. Kakinya juga berwarna kuning dengan jari-jari berjumlah empat. Tiga menghadap ke depan, dan satu menghadap ke belakang.

Ciri yang membedakan Beo Nias dengan jenis lainnya adalah sepasang gelambir cuping telinga berwarna kuning yang menyatu di belakang kepala. Sedangkan pada beo biasa, cuping ini terpisah.

Satwa Identitas Provinsi

Beo Nias mempunyai nama latin Gracula religiosa robusta. Ada juga yang menyebutnya dengan nama Ciong atau Tiong. Dalam bahasa Inggris, burung ini dinamakan Common Hill Myna.

Beo Nias menjadi satwa identitas provinsi Sumatera Utara. Sayangnya, populasinya di alam liar semakin berkurang. Beo Nias lebih banyak terdapat di dalam sangkar. Banyak orang yang suka dengan kepintarannya meniru berbagai suara. Padahal, Beo Nias adalah satwa yang dilindungi.