Berang-berang yang Bukan Pembuat Bendungan

otter, Berang-berang yang

Jika mendengar kata ‘Berang-berang’, pasti kalian akan membayangkan hewan air yang pandai membuat bendungan. Nggak salah, sih! Tapi ada jenis lain berang-berang yang nggak bisa membangun bendungan. Berang-berang jenis inilah yang banyak hidup di Indonesia.

Berang-berang mempunyai tubuh mirip musang. Tungkai pendek, cakar berselaput, dan ekor panjang. Tubuhnya ditumbuhi rambut. Rambut bagian luar panjang dan kaku, sedangkan rambut bagian dalam halus dan lunak.

Habitat berang-berang adalah lahan basah seperti sungai, danau, rawa, sawah, pesisir serta di laut lepas. Mereka makan berbagai hewan air, seperti ikan, kodok, udang, ketam, kerang, mamalia kecil.

4 Spesies Berang-berang

Ada empat spesies berang-berang yang hidup di Indonesia, yaitu Berang-berang cakar kecil (Aonyx cinerea, Asian Small-clawed Otter), berang-berang utara (Lutra lutra, Eurasian Otter, Common Otter, European Otter), Berang-berang hidung berbulu (Lutra sumatrana, Hairy-nosed Otter), dan Berang-berang bulu licin (Lutrogale perspicillata, Smooth-coated Otter, Indian Smooth-coated Otter)

Oya, apa bedanya dengan berang-berang yang pintar membuat bendungan? Berang-berang di Indonesia tersebut tergolong jenis Otter dari kelompok Carnivora (pemakan daging). Sedangkan berang-berang pembuat bendungan adalah jenis Beaver, dari golongan Rodentia (pengerat).