Berkah Perbuatan Sahur Dan Makanannya

Berkah Perbuatan Sahur Dan MakanannyaBerkah Perbuatan Sahur Dan Makanannya – Alhamdulillah, beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan sya’aban dan setelah bulan sya’ban datanglah bulan Ramadhan. Semoga Allah subhanahu wata’ala memanjangkan umur kita semua sehingga kita bisa menemui bulan Ramadhan, Amin.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam sebelum berpuasa penuh dibulan Ramadhan beliau melakukan puasa di bulan sya’ban, sampai sampai Ibunda kita ‘Aisyah radhiallahu’anha berkata, “Dan aku menyaksikan beliau banyak berpuasa (sunnah) pada bulan Sya’ban. Biasanya beliau berpuasa pada bulan Sya’ban semuanya (maksudnya sebagian besarnya).” (HR. Muslim)

Makna Sahur

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةً
“Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Meski hukumnya sunnah dan tidak wajib, perbuatan sahur atau makanan sahur itu ada keberkahannya, dan bila sesuatu ada berkahnya maka ia akan menjadi kebaikan yang tetap dan terus bertambah bagi pelakunya. Tidak meski lengkap hidangan sahurnya, meskipun yang ada hanya seteguk air, maka ia tetap akan menjadi barakah. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

السَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ …
“Makan sahur adalah barakah maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang sahur.”(HR. Ahmad)

Baca juga :  Shalat Jama’ karena Hujan

Kebaikan Sahur

Orang yang makan sahur ketika hendak berpuasa akan mendapat banyak kebaikan;

  • Pertama ia memenuhi perintah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam
  • kedua ia mendapat shalatwat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para malaikatNya
  • Ketiga menyelisihi orang nasrani dan yahudi dalam berpuasa, Rasulullah bersabda, “Yang membedakan antara puasa kami (orang-orang muslim) dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR. Muslim)
  • Keempat ia dapat menguatkan niat untuk berpuasa pada keesokannya
  • Terakhir ia akan kuat, semangat in syaallah dalam melakukan puasa, dan jauh dari sifat malas dan akhlak buruk lainnya yang timbul karena lapar.

Jangan lupa, meski belum Ramadhan siapkan kurma, karena kurma adalah sebaik baik makanan sahur buat mukmin. Rasul bersabda :

نِعْمَ سَحُوْرِ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ
“Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah tamr (kurma).” (HR. Abu Dawud)