Bermain Tapi Berpahala

Bermain Tapi Berpahala

Adik-adik, siapa diantara kalian yang sudah pandai berenang? Alhamdulillah, kalian sudah mahir berenang. Kalau belum mahir, teruslah berlatih. Jangan takut dan jangan menyerah, berlatihlah sampai bisa. Karena berenang adalah salah satu olah raga yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasalam.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menganjurkan kita untuk berolahraga. Salah satunya adalah berenang. Ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan Imam Nasai, dan dishahihkan oleh Al-Albany, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ ……. وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ

“Segala hal yang tidak termasuk kedalam kategori dzikir kepada Allah Ta’ala, adalah lahwun (hiburan yang dapat memalingkan dari kewajiban dan berdzikir kepada Allah), kecuali empat hal:…..  (salah satunya adalah) laki-laki yang belajar berenang.” (HR. Thabrani dan Nasai)

Para sahabat nabi juga sangat mengutamakan olar raga renang. Sahabat Umar bin Khattab radhiallahu’anhu pernah menulis surat kepada Abu ‘Ubaidah Bin Al Jarrah Radhiallahu’anhu yang berisi;

“Ajarkanlah kepada anak anak kalian berenang dan cara berperang kalian dengan menggunakan panah, sebab mereka akan melaksanakan berbagai tujuan.” (HR. Ahmad).

Jadi, belajar berenang termasuk sunnah Rasulullah. Berenang merupakan permainan, namun tidak termasuk permainan yang melalaikan kita dari dzikir dan beribadah. Bahkan jika kita niatkan olah raga renang ini untuk menjaga nikmat kesehatan, menjadikan semangat dalam beribadah, serta melaksanakan sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, insyaallah kita akan mendapat pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Tapi, ada beberapa hal  yang diperhatikan ketika berenang, yaitu:

  • Berenang sebaiknya dilakukan di kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.
  • Saat berenang, kita tidak memakai pakaian yang ketat dan menampakkan aurat.
  • Tidak diperbolehkan kencing di kolam renang.

Bila kita berpuasa sunnah dan ingin renang, maka hal ini tidak mengapa. Syaratnya tidak menelan air.