Bersabar itu… Besar Pahalanya

Adik adik yang shalih dan shalihah ibadah kepada Allah ta’ala tidak hanya shalat, puasa, haji dan membaca alqur’an. Ternyata bersabar dari setiap musibah juga merupakan ibadah kepadaNya, karena sabar itu termasuk ibadah kepada Allah maka ada pahala yang disediakan bagi orang yang sabar.
Allah ta’ala memerintahkan kepada kita semua untuk sabar dan menguatkan kesabaran, Allah berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)
Apa balasan bagi orang yang bisa bersabar?
Jawabannya adalah Allah memberikan pahala kepada orang yang bersabar dengan pahala yang sangat banyak dan tanpa batas. bacalah firman Allah yang terjemahnya:
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10)

Bersabar dalam apa?
Manusia ketika hidup di dunia pasti akan mendapatkan cobaan dan ujian, diantaranya adalah ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, ditinggal mati orang yang dicinta. Bila kita bisa bersabar tidak meminta pertolongan kepada selain Allah ketika takut, tidak mencuri dan berbohong ketika kekurangan harta dan bisa mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji’un ketika ada orang yang kita cintai meninggal, maka itu semua termasuk kesabaran.
Contoh yang lain yang sering kita temui ketika kita bersama teman teman adalah sabar atas perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman, atau sabar dan tidak marah ketika teman kita memiliki kesalahan kepada kita.
Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Yang dikatakan kuat bukanlah orang yang kuat dalam bergulat, tetapi yang dikatakan kuat adalah orang yang mampu menahan diri ketika marah.”(HR. Bukhari dan Muslim)
Sebenarnya kita bisa marah, tapi karena ingin mendapatkan pahala maka kita bisa bersabar dan tidak marah, Rasulullah memberikan kabar gembira bagi siapa yang bisa bersabar dan menahan amarahnya:
“Barang siapa menahan amarahnya sementara ia mampu untuk melampiaskannya, Allah akan memanggilnya di hadapan semua makhluk di akhirat kelak, lalu Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari mana saja yang ia kehendaki.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Begitu besar pahala yang disediakan bagi orang yang besabar, semoga Allah memudahan kita untuk bisa besabar dalam mengahadapi setiap musibah dan menguatkan kesabaran kita sehingga kita banyak mendapatkan pahala dan dapat memilih bidadari di surga. Allahumma amin…