Bersedekah tanpa Harta

Bersedekah tanpa Harta

Kalian tentu senang bersedekah, kah? Misalnya, di kotak amal masjid, memberikan uang pada pengemis, atau memberikan pakaian yang sudah tidak kamu pakai. Itu adalah contoh sedekah dengan harta.

 

Ternyata ada, lho, amal shalih yang bernilai sedekah. Jika kita melakukan amal shalih ini, sama saja kita bersedekah tapi tanpa menggunakan harta.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

كُلُّ سُلَامَى مِنْ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيهِ الشَّمْسُ يَعْدِلُ بَيْنَ الِاثْنَيْنِ صَدَقَةٌ وَيُعِينُ الرَّجُلَ عَلَى دَابَّتِهِ فَيَحْمِلُ عَلَيْهَا أَوْ يَرْفَعُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ وَكُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلَاةِ صَدَقَةٌ وَيُمِيطُ الْأَذَى عَنْ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ

“Setiap ruas tulang manusia wajib disedekahi, setiap hari setiap kali matahari terbit, bersikap adil antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang untuk naik kendaraannya atau menaikkan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki menuju shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Bersabar itu… Besar Pahalanya

Hadits di atas menunjukkan beberapa amal yang bernilai sedekah, yaitu:

  • Bersikap adil antara dua orang

Jika ada dua teman kamu yang sedang bertengkat, kamu tidak ikut membela salah satunya. Tapi, damaikanlah keduanya. Sehingga kedua temanmu tidak lagi bermusuhan.

  • Membantu orang untuk naik kendaraan, atau menaikkan barang ke atas kendaraannya

  • Ucapan yang baik

Menjaga lisan agar senantiasa mengucapkan kebaikan dan bersikap baik pada orang lain adalah sedekah. Karenanya, lakukanlah setiap hari. Dan, hindari ucapan yang menyakiti orang lain, seperti hinaan, bentakan, atau kata-kata kotor.

  • Langkah kaki menuju ke masjid untuk shalat berjamaah

Lima kali sehari kita melangkah ke masjid. Setiap langkah kita ke masjid untuk shalat berjamaah bernilai sedekah.

  • Menyingkirkan gangguan dari jalan

Ini artinya kamu membantu orang agar terhindar dari bahaya. Jika menemukan duri, paku, kayu, atau sesuatu yang merintangi jalan, singkirkanlah.

Jadi, tidak kata berat untuk bersedekah setiap waktu, setiap hari. Jika kita tak punya uang atau harta, kita tetap bersedekah dengan amal-amal shalih tersebut.