Bersiap Menyambut Ramadhan

menyambut ramadhan

Bulan ini bulan Sya’ban. Sebentar lagi, insyaallah kita akan berjumpa dengan bulan Ramadhan. Bulan puasa. Bulan yang dirindukan oleh kaum muslimin.

Kalian juga suka, kan? Pasti! Setiap anak pasti akan senang dengan datangnya bulan Ramadhan. Karenanya, bersiaplah menyambut datangnya Ramadhan. Bagaimana caranya?

Berlatih bangun lebih awal

Puasa adalah menahan lapar sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Rasulullah menganjurkan, setiap orang yang hendak berpuasa untuk makan sahur. Makan sahur dilakkan sebelum waktu subuh tiba.

Agar tidak terlambat makah sahur, kamu mesti bangun setidaknya setengah jam sebelum waktu subuh. Buat kamu yang belum terbiasa bangun pagi, masih ada waktu untuk berlatih bangun lebih pagi. Mintalah orang tuamu untuk membangunkanmu sebelum waktu subuh. Sehingga nanti ketika Ramadhan tiba, kamu sudah tidak susah lagi dibangunkan untuk makan sahur.

Berlatih menahan lapar dan haus

Berlatihlah menahan lapar dan haus di siang hari. Caranya, bisa dengan mengurangi sedikit porsi makananmu. Lapar sedikit, tahan dulu. Berlatihlah juga untuk tidak jajan di siang hari. Insyaallah, nanti akan terbiasa.

Lebih giat belajar membaca Al-Qur an

Buat kamu yang belum lancar membaca Al-Qur`an, berlatihlah lebih giat. Tambah waktu kamu untuk memperlancar bacaan Al-Qur`an. Sehingga, ketika bulan Ramadhan tiba, kamu sudah bisa membaca dengan lebih lancar dan terbiasa lebih lama membaca Al-Qur`an.

Jika sudah lancar, tetap istiqamah membaca Al-Qur`an setiap hari. Jika biasanya hanya satu atau dua halaman, tambah menjadi lima halaman.

Insyallah, di bulan Ramadhan kamu telah terbiasa membaca lebih banyak dan lebih lama. Lebih hebat lagi, jika kamu bisa khatam 30 juz. Insyaallah…!

Yuk, isi bulan Sya’ban ini dengan berlatih memperbanyak amal untuk menyambut Ramadhan. Semoga Allah memudahkan kita. Aamiin…!

 

BACA JUGA: DOA DAN DZIKIR DI HARI JUMAT