Berteman itu Saling Mengingatkan

akhlaqKamu pasti pernah lupa, kan? Kapan, di mana? Rugikah kamu ketika lupa? Atau kah justeru kamu diuntungkan karena lupa? Lupa memang ada yang menguntungkan. Tapi, lupa lebih sering mengecewakan.
Mungkin kamu pernah mengalaminya…
Kamu sudah memilih makanan di kantin. Tapi, saat kamu mau bayar, eh lupa tidak bawa uang. Pasti kamu malu. Salah tingkah.
Semalam, kamu belajar, menghafal, dan berlatih soal karena ada ujian hari ini. Eh, saat mengerjakan soal, ada beberapa yang belum bisa dijawab. Padahal soal itu gampang. Tapi karena lupa, ya terpaksa dijawab asal.
Ada lagi yang bisa bikin malu, saat kamu salah memakai seragam gara-gara lupa hari. Kamu mengira hari ini Rabu. Padahal ini baru hari Selasa. Tak cuma seragam, buku-buku pelajarannya pun salah!
Namanya saja lupa. Pasti tidak ingat. Hahaha…
Biasanya, yang sering lupa adalah mereka para orang tua. Maksudnya orang-orang yang sudah tua. Orang-orang muda jarang lupa, apalagi anak-anak. Tentu sangat jarang. Walau, ada juga anak-anak yang sering lupa. Moga bukan kamu. Jika kamu pelupa, maka banyak-banyaklah beristghfar. Memohon ampun kepada Allah.
Lupa memang sering bikin kita kecewa, malu, tidak nyaman, bahkan rugi. Lupa, tiket kereta apinya tidak dibawa, gak jadi naik dong. Kalau pun tetap naik, kita rugi karena harus beli lagi.
Tapi ada juga, lupa yang bikin senang. Misalnya, di siang hari. Sehabis bermain, kamu merasa haus sekali. Tanpa pikir panjang, kamu ambil air di kulkan, dan… glek glek glek… kamu minum. Segarrr…! Setelah itu, kamu baru ingat bahwa hari itu kamu sedang berpuasa. Nah, di sinilah enaknya lupa. Bahkan segelas air yang kamu minum tadi adalah berkah. Puasa kamu pun tetap boleh lanjut. Asyik kan?
Jangan lupa, ucaplah alhamdulillah. Sungguh Allah telah mengkaruniakan rezeki yang nikmat menyegarkan. Haus hilang. Puasamu tak batal. Wow… mau dong!
Manusia emang tempatnya salah dan lupa. Sering manusia lupa. Semua manusia, tanpa kecuali pernah melakukan, merasakannya. Baik lupa maupun kesalahan. Ada yang menyengaja melakukan perbuatan salah. Ada yang karena tidak tahu, tidak juga sengaja. Itulah manusia, kadang berpura-pura lupa. Ini manusia yang tidak baik dan akan terbiasa bohong.
Kawan, karena kita adalah manusia yang sering lupa, maka saling mengingatkan adalah sebuah kebaikan. Mendapatkan amal yang sempurna. Terhindar dari bahaya. Untuk meraih kebahagiaan yang diharap. Untuk kesuksesan yang dicita-citakan.
Yuk, saling mengingatkan, terutama sesama teman. Karena, teman yang baik itu adalah teman yang bisa saling mengingatkan.
Jika melihat kawanmu makan dengan tangan kirinya, tak boleh segan untuk diingatkan. Jangan tunggu hingga makanannya habis. Jika melihat kawanmu makan sambil berdiri, sambil berkata-kata, di mulutnya penuh makanan maka ingatkanlah. Jika kamu mendapati kawanmu masuk kamar mandi dengan kaki kanan, ingatkan saja. Mungkin dia lupa, atau karena belum tahu.
Mari ingatkan kawan yang lupa atau berbuat salah. Tentu dengan cara yang baik. Bukan dibentak disalahkan. Sebab, ada juga kawan yang melakukan kesalahan karena tidak tahu. Bukan karena lupa.
Mengingatkan orang lain itu mudah. Namun, tidak semua orang yang diingatkan itu mau mendengar. Terkadang, dia justeru marah, menolak. Berbalik menjadi benci kepada kamu.
Marahnya orang yang diingatkan, bisa jadi karena cara kita yang salah. Mungkin juga karena mereka belum tahu. Atau mereka merasa benar. Atau karena memang tidak mau diingatkan. Maka, bersabarlah.
Lebih baiknya kita harus belajar cara mengingatkan orang yang lupa dengan baik dan benar. Santun dan bijak. Ramah dan tenang. Tidak kasar, tidak asal. Dan lagi, kita pun harus siap diingatkan. Jangan hanya bisa mengingatkan, namun tidak siap diingatkan.
Berani mengingatkan, harus siap pula diingatkan. Namanya juga saling mengingatkan. Jika kamu salah, kamu harus siap diingatkan oleh temanmu. Jika diingatkan, kamu tak boleh marah atau tersinggung. Sebaliknya, kamu harus berterima kasih karena ada yang peduli dengan kamu, tak mau kamu larut dalam kesalahan dan keburukan. Itulah gunanya berteman!
Wallahu A’lam