Berwudhu, tapi ada Tipe-x menempel di tangan

Assalamu’alaikum warahmatullah

Ustadz apa kabar, saya mau bertanya apakah kita tidak boleh shalat bila terkena tipe-x, sahkah shalat kita bila ada tipe-x yang menempel di tangan?

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Pertanyaan dari :

Al Khansa Fauziyah,

SD Qurrata A’yun

M. Akram Faaza Muttaqien, Yogyakarta.

 

Jawab :

Alhamdulillah, semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita semua untuk menyempurnakan wudhu dan shalat di awal waktu dengan berjamaah di masjid dan bagi muslimah di rumahnya.

Wudhu adalah syarat sah shalat. Setiap muslim yang hendak shalat harus berwudhu terlebih dahulu. Berwudhu harus sempurnya. Setiap bagian yang wajib dicuci, harus terkena air dengan sempurna. Jia ada yang tidak terkena air, maka wudhunya tidak sah. Dan, jika wudhu tidak sah tentunya shalatnya juga tidak sah.

Dari Jabir, ‘Umar bin Khattab mengabarkan bahwa ada seseorang yang berwudhu lantas bagian kuku kakinya tidak terbasuh, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya dan berkata, “Ulangilah, perbaguslah wudhumu.” Lantas ia pun mengulangi dan kembali shalat. (HR. Muslim)

Wudhu kita tidak bisa sah bila ada bagian anggota wudhu yang wajib dicuci tertutup sesuatu yang menghalangi air wudhu mengenai kulit. Seperti cincin dan jam yang dipakai ketika wudhu, cat yang menempel, serta tipe-x yang mengenai tangan.

Sebaiknya lepas cincin dan jam ketika berwudhu, atau dilonggarkan sehingga air bisa masuk mengenai kulit ketika berwudhu. Bersihkan cat atau tipe-x yang menempel di kulit, bila sudah bersih kulit dari tempelan cat dan tipe-x maka bisa mulai berwudhu.

Bila terlanjur sudah shalat dan baru tahu ketika selesai shalat, maka shalatnya batal karena wudhunya tidak sah. Jadi ulang wudhunya dengan benar dengan cara menghilangkan cat atau tipe-x yang menempel terlebih dahulu, kemudian wudhu dan shalat lagi. Wallahua’alam