Biji Wijen, Si Kecil penghasil Minyak Nabati

wijen

Kalian pernah makan onde-onde, kan? Nah, pada kulit onde-onde terdapat butiran-butiran kecil. Butiran-butiran ini rasanya gurih. Namanya biji wijen.

Wijen adalah biji yang dihasilkan dari tanaman wijen. Tanaman wijen (Sesamum indicum) tergolong tanaman semak pendek. Tingginya antara 60 hingga 120 centimeter. Namun, ada juga yang mampu tumbuh hingga tiga meter. Akarnya berupa akar tunggang dengan banyak akar cabang.a-2

Bentuk daunnya menyerupai lidah memanjang. Bunga tumbuh dari ketiak daun. Kelopak bunga berwarna putih, kuning, merah muda, atau biru violet, tergantung jenisnya. Dari bunga tumbuh 4-5 kepala sari. Bakal buah terbagi dua ruang, yang lalu terbagi lagi menjadi dua, membentuk polong.

Penghasil Minyak Nabati

Dari polong-polong inilah, biji-biji wijen dihasilkan. Bijinya berbentuk seperti buah apokat, kecil, berwarna putih, kuning, coklat, merah muda, atau hitam. Biji yang sudah kering dapat dipanen dan diolah untuk dikonsumsi. Satu tanaman wijen dapat menghasilkan 40 hingga 400 polong.

Biji Wijen

Tanaman Wijen sudah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia. Bagian utama yang dimanfaatkan adalah bijinya. Biji wijen diekstrat untuk diambil minyaknya. Minyak wijen digunakan dalam industri makanan, kosmetik, farmasi, dan lain-lain.  Selain itu, biji wijen juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan.