Bolehkah bermain di malam hari?

bermain di malam hariAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ustadz saya mau tanya, boleh tidak kalau kita bermain di malam hari?

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Abdullah Karim

SDIT Cendikia Mulia Tembarak

Temanggung

 

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh,

Bismillah walhamdulillah, wasshalatu wassalamu’ala Rasulillah, waba’du. Dik Abdullah yang shalih, pertanyaan kamu sangat bagus. Ustadz coba menjawabnya, ya!

Allah menciptakan siang dan malam bergantian. Siang hari adalah waktu untuk melakukan berbagai kegiatan, sedangkan malam hari digunakan untuk beristirahan. Dalam Al-Qur`an, Allah Ta’ala berfirman, “Dan kami jadikan malam sebagai pakaian.” (QS. An Naba: 10). Maksudnya, malam adalah waktu untuk istirahat.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam juga menganjurkan para orang tua untuk menahan anak-anaknya agar tidak keluar ketika waktu senja hingga waktu isya’. Beliau bersabda,

“Jika malam datang (matahari hampir tenggelam), maka tahanlah anak anak kalian (jangan keluar rumah) karena pada saat itu setan sedang berkeliaran. Jika telah berlalu beberapa waktu dari waktu ‘isya’, bolehlah kalian biarkan mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Tahanlah anak-anak kalian hingga permulaan isya’ telah selesai, karena saat itu adalah saat terbakarnya setan.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam juga menganjurkan, agar kita tidak banyak beraktifitas setelah isya’ kecuali tidur.

Jadi, berhentilah bermain-main di luar rumah saat menjelang maghrib. Boleh keluar ruma, untuk shalat maghrib berjamaah di masjid. Besok siang sepulang sekolah, bolehlah bermain lagi.