Buah Kecapi

buah kecapi

Inilah buah kecapi. Sekilas berbentuk mirip bola tenis, karena kulitnya yang berbulu halus. Buah unik ini sekarang sulit didapatkan.

Kecapi dikenal juga dengan nama sentul atau ketuat. Dalam bahasa Inggris dinamakan santol atau wild mangosteen (manggis liar). Nama ilmiahnya adalah Sandoricum koetjape.

Pohon Buah Kecapi

Pohon kecapi tumbuh besar dan rimbun, mirip dengan pohon duku. Pohonnya dapat tumbuh tinggi hingga 20 meter. Diameter batangnya mencapai 90 cm. Batangnya bergetah seperti susu.

Daun berbentuk lonjong, meruncing di ujung. Bertangkai panjang. Satu tangkai terdiri tiga helai daun. Warnanya hijau mengkilap pada bagian atas, dan kusam bagian bawahnya.

Bunga tumbuh dari ketiak daun. Bertangkai pendek, memiliki lima helai mahkota berwarna hijau kekuningan. Dari bunga ini, tumbuhlah buah kecapi.

Buah kecapi berbentuk bulat dengan diameter 5-6 sentimeter. Kulit berwarna kuning, berbulu halus. Di dalamnya terdapa dua lapis daging buah. Daging buah di bagian luarnya agak tebal, berwarna kemerahan dengan rasa sedikit masam. Daging buah bagian dalam lebih lunak, berwarna putih, rasanya asam agak manis. Biji buah berbentuk bulat telur agak pipih, berwarna coklat kemerahan.

Buah kecapi bisa dimakan langsung atau dijadikan manisan. Buah kecapi mengandung vitamin C, kalium, kalsium, besi, fosfor, protein, serat, dan lemak. Beberapa bagian tanamannya, seperti buah, daun, dan kulit batangnya bisa digunakan sebagai obat tradisional.

BACA JUGA: CIPLUKAN, BUAH MUNGIL YANG ISTIMEWA