Buah unik bernama Namnam alias Kopi Anjing

Tanaman ini jarang ditemui. Bentuk buahnya unik, mirip tanda ‘koma’. Namanya Namnam, atau ada juga yang menyebutnya Kopi Anjing.

Kopi Anjing

Tanaman Namnam tergolong perdu, atau tanaman pendek. Tingginya hanya sekira 3 1- 10 meter. Batangnya berkayu bulat tegak dan berbonggol-bonggol. Warna kulitnya kecoklatan.

bh+nam+nam

Daunnya berupa daun majemuk dengan sepasang anak daun berbentuk lonjong dengan panjang antara 5-15 cm. Daun muda berwarna putih atau merah jambu terang. Setelah tua warnanya berubah menjadi hijau tua. Bunga tumbuh di batang dan cabang. Warnanya merah jambu pucat atau putih.

Baca juga: Tanaman Tuba, Si Liar Beracun

Buahnya juga tumbuh di batang atau cabang. Bentuk buah lonjong dengan panjang 3 – 9 centimeter, dan tebal 2 – 6 centimeter. Permukaannya kasar dan keriput, berwarna coklat atau kekuningan. Rasanya asam agak manis. Daging buahnya tebal. Di dalam buah terdapat sebutir biji berbentuk pipih.

Namnam flruit

Buah Namnam atau Kopi Anjing

Buah Namnam dapat dimakan langsung, atau diolah menjadi rujak, asinan, atau manisan. Selain buah, beberapa bagian tanaman namnam dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Rebusan daun muda dapat untuk meringankan gejala diare dan mencegah penyakit kencing batu.

Tanaman ini punya beberapa nama seperti namu-namu (Manado dan Maluku), namo-namo (Ternate), arepa (Bugis), puti anjeng (Makasar), kopi anjing, namnam (Sunda, Jawa, dan Madura), kuwanjo (Bali). Dalam bahasa ilmiah, tanaman ini disebut Cynometra cauliflora.