Buah Wuni – Kecil buahnya, besar manfaatnya

Namanya buah Wuni. Bulat, kecil, berwarna merah atau ungu. Masam rasanya, tapi manis manfaatnya.

buah Wuni

Pohon wuni tumbuh di kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Indonesia. Di Indonesia, buah ini memiliki banyak nama, seperti huni (Sunda); wuni (Jawa); bunih (Makassar); buah monton (Sumatera Utara); bonia (Lampung); bumeh (Madura). Dalam bahasa Inggris, buah ini dinamakan wild cherry atau Chinese laurel. Nama ilmiahnya adalah Antidesma bunius.

b

Tanaman wuni bisa tumbuh hingga setinggi 15-30 meter. Batangnya berkayu dan keras. Warnanya kemerahan. Daun berbentuk lonjong, berwarna hijau. Pangkal dan ujungnya meruncing. Panjang daun 15-20 centimeter, dan lebarnya 5-10 centimeter.

c

Bunga tumbuh dari ketiak daun. Satu tangkai terdiri dari banyak bunga. Buahnya kecil, berntuknya bulat agak lonjong. Buah mentah berwarna hijau. Buah masak berwarna ungu kehitaman. Rasanya manis sedikit asam.

Baca juga : Bakung Putih – Tanaman Hias Berkhasiat

Buah wuni yang masak dapat langsung dimakan, atau dibuat jus dan sirup. Buah mentah dan matang dapat diolah menjadi selai dan jeli. Buah wuni juga bisa dimanfaatkan sebagai jamu untuk mengatasi disentri, diabetes mellitus, dan konstipasi (susah BAB). Daun wuni dapat dimanfaatkan untuk obat maag dan gangguan pencernaan. Bisa juga untuk menutup luka pada kulit.

Itulah buah Wuni, kecil tapi banyak manfaatknya. Nah, adakah kalian yang pernah memakan buah wuni ini?