Bukit Cokelat, Tempat Unik di Filipina

Bayangkan, kamu melihat cokelat seukuran bukit. Tidak hanya satu, tapi berjumlah ribuan. Wah, pasti sangat indah. Nah, pemandangan seperti inilah yang terdapat di kompleks Chocolate Hills, atau bukit cokelat di kawasan wisata Bohol, Filipina.

Bukit Cokelat

Eh, tapi bukit cokelat di sana bukan cokelat beneran, ya! Bukit-bukit cokelat tersebut adalah sekumpulan bukit batu kapur yang ditumbuhi rerumputan. Bukit ini berubah warna sesuai musimnya. Pada musim hujan, bukit ini ditumbuhi rumpur sehingga berwarna hijau cerah. Sedangkan pada saat musim kemarau, bukit ini berubah menjadi warna cokelat. Sehingga terlihat seperti bulatan-bulatan kue atau permen cokelat berukuran raksasa.

c

Ribuan bukit berbentuk kerucut dan kubah tersebar di tiga wilayah yaitu Batuan, Carmen, dan Sagbayan di bagian tengah pulau Bohol. Jumlahnya sekira 1.268 bukit. Ukurannya berbeda-beda. Ada yang kecil dengan tinggi 30 – 50 meter. Ada pula bukit yang besar dengan tinggi mencapai 120 meter. Ribuan bukit ini tersebar di wilayah dengan luas mencapai 50 kilometer persegi.

Bohol merupakan sebuah provinsi di Filipina. Ibu kotanya Tagbilaran City. Provinsi ini terletak di Region Visayas Tengah.

a-2

Bukit cokelat dijadikan tempat sebagai Monumen Geologi Nasional ketiga di Filipina, dan diusulkan untuk dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.