Bulan Ramadhan, Bulan Tilawah dan Shadaqah

Bulan Ramadhan

Alhamdulillah, Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Betapa senangnya bisa menjumpai Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan dan Allah.

Pada bulan Ramadhan, umat muslim diperintahkan untuk berpuasa. Allah menurunkan perintah puasa Ramadhan pada tahun ke-2 Hijrah. Jadi, sewaktu Rasulullah belum hijrah, beliau dan para sahabatnya belum diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan.

Pada bulan Ramadhan pula Rasulullah shalalahu’alaihi wasallam didatangi malaikat Jibril ‘alaihissalam. Rasulullah bertadarus, membacakan Al-Qur`an dan didengarkan oleh Malaikat Jibril.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ إِنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ سَنَةٍ فِي رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ فَيَعْرِضُ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Dari Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling pemurah berbuat kebajikan, terutama di bulan Ramadhan. Karena setiap tahun Jibril selalu menemui beliau tiap-tiap malam, hingga habis bulan Ramadhan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperdengarkan bacaan Qur`an kepadanya (dan Jibril menyimak). Apabila Jibril mendatanginya, beliau lebih giat lagi berbuat kebajikan melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, adik-adik yang shaleh dan shalehah, mari persiapkan diri kita untuk menyambut Ramadhan dengan ibadah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, yaitu tadarus Al-Qur`an dan memperbanyak shadaqah.

Tadarus Alquran

Setiap hari di bulan Ramadhan, kita berusaha membaca Al-Qur`an satu juz. Sehingga bila Ramadhan tahun ini ada 30 hari, maka kita bisa mengkhatamkan Al-Qur`an.

Para sahabat dan generasi salaf selalu memperbanyak membaca Al-Qur`an. Lebih banyak dari hari-hari biasa. Ada yang mengkhatamkan Al-Qur`an setiap 10 hari, ada yang 7 hari, ada yang khatam setiap 3 hari sekali. Bahkan ada yang membaca Al-Qur`an 30 juz dalam sehari.

 

Memperbanyak Shadaqah

Shadaqah termasuk amal utama di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan yang mulia ini, setiap kebaikan akan diberikan pahala yang berlipat lipat dibanding pada bulan lainnya.

Bersahadaqah pada bulan Ramadhan misalnya, memberi makanan berbuka, memberikan uang saku yang kita miliki kepada fakir miskin yang kita temui setiap hari.

Yuk, mulai sekarang berlatih menambah amal shalih. Semoga Allah memudahkan kita untuk memperbanyak tilawah Al-Qur`an dan banyak bershadaqah di bulan Ramadhan. Aamiin.