Burung Kakapo Si Betet yang Nggak Bisa Terbang

burung kakapo

Satu lagi jenis burung, tapi nggak bisa terbang. Namanya Kakapo. Burung berbulu indah ini hanya ada di Selandia Baru.

Kakapo (nama latin: Strigops habroptilus) berukuran cukup besar. Burung jantan memiliki panjang hingga 60 sentimeter dan berat antara 2 hingga 4 kilogram ketika dewasa. Meskipun tubuhnya besar, tapi sayap Kakapo tergolong pendek sehingga Kakapo tidak bisa terbang. Kakapo menggunakan sayapnya untuk keseimbangan, penopang, dan untuk menyesuaikan jika jatuh pada saat melompat dari pohon.

Ciri-ciri Kakapo

Kakapo memiliki wajah mirip burung hantu. Berparuh bengkok. Di sekeliling paruh terdapat bulu-bulu halus. Karenanya, burung ini juga dikenal dengan nama ‘betet burung hantu’ (owl parrot).

Warna bulu Kakapo juga terlihat indah. Dada dan panggul berwarna hijau kekuningan dengan garis kuning. Perut, bawah ekor, leher dan wajah mereka sebagian besar berwarna kuning bergaris hijau.

Kakapo adalah pemanjat yang hebat. Mereka memiliki kuku yang kuat, yang sangat berguna untuk memanjat hingga ke pucuk pohon tertinggi. Terkadang, mereka menjatuhkan diri dengan mengembangkan sayapnya untuk memperlambat jatuhnya.

Kakapo hanya hidup di wilayah Selandia Baru. Jumlahnya tinggal sedikit dan terancam punah. Kakapo banyak diburu untuk dipelihara, maupun dikonsumsi dagingnya dan diambil bulu-bulunya.

 

BACA JUGA: Walabi Kangguru Kecil Dari Papua