cara agar bisa bangun shubuh

bangun shubuhAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz, boleh saya bertanya? Bagaimana cara agar bisa bangun shubuh? Bagaimana caranya agar tidak terlambat shalat?

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Aisyah Ummu Shofiya

Kalimantan Selatan

Jawab:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Adik Aisyah yang shalihah, bangun pagi memang sangat berat bagi yang terbiasa. Karena itu, agar terbiasa, kita harus berlatih bangun pagi. Bangun pagi itu banyak sekali manfaatnya. Majalah Adzkia pernah memuat poster manfaat bangun pagi, lho!

Nah, agar kamu bisa bangun pagi, dik Aisyah bisa mencoba tips ini.

Tidurlah lebih awal. Jangan tidur terlalu malam. Setelah shalat isya, kamu bisa belajar secukupnya. Paling malam, jam sembilan sudah harus tidur. Sebelum tidur, jangan lupa berwudhu dan berdoa sebelum tidur. Berdoalah agar kamu bisa bangun pagi.

Mintalah tolong ibu atau ayah untuk membangunkanmu sebelum adzan shubuh. Kamu juga bisa memasang jam alarm. Aturlah jam alarm agar berdering sebelum adzan shubuh. Nah, saat ibu membangunkanmu, atau saat jam alarm berdering, segeralah bangun. Jangan bermalas-malasan. Jangan lupa baca doa bangun tidur.

Setelah bangun, bersegeralah bersiap untuk shalat shubuh. Gosok gigi, buang air kecil, berwudhu. Ganti baju tidurmu dengan baju yang bersih. Lalu, shalat sunnah dua rakaat sebelum shubuh. Insyaallah, pahalanya sangat besar. Lebih baik dari dunia seisinya. Lanjutkan dengan shalat shubuh berjamaah, berdzikir, dan membaca Al-Qur`an.

Nah, itulah tips dari ustadz. Silakan mencoba. Semoga kamu dimudahkan bangun pagi dan bisa meraih pahala-pahala berlimpah di pagi hari.