Cendana Kayu Berbau Harum

kayu cendana

Jika ada bunga berbau wangi, itu biasa. Tapi jika ada kayu berbau wangi, ini luar biasa. Inilah kayu Cendana, kayu yang dikenal berbau harum.

Cendana adalah tanaman asli Indonesia. Pohon cendana banyak ditemukan di wilayah kepulauan NTT, seperti Flores, Rote, dan Sumba. Dalam bahasa Inggris, cendana disebut sebagai Sandalwood. Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Santalum album.

Pohon Cendana

Pohon Cendana dapat tumbuh hingga setinggi 20 meter. Batangnya tergolong kecil, yaitu berdiameer 40 sentimeter. Batangnya bulat agak berlekuk-lekuk. Kulitnya kasar dan berwarna cokelat tua. Batang yang sudah tua berbau harum.

Daun cendana tumbuh berhadapan, berbentuk lonjong dengan ujung meruncing, dan tepi daun rata. Bunga tumbuh di ujung ranting dan ketiak daun, berwarna ungu kehitaman. Buahnya berbentuk bulat bulat, berwarna hitam saat masak.

Manfaat utama dari tanaman Cendana adalah kayunya. Kayu Cendana digunakan untuk membuat kerajinan kayu. Selain itu, kayu cendana juga diolah untuk menghasilkan minyak cendana. Minyak Cendana digunakan sebagai bahan kosmetik, minyak aromaterapi, dan wewangian.

 

BACA JUGA: Rumbia Penghasil Tepung Sagu