Cenderawasih Panji – Si Mungil Berbulu Panjang

Burung Cenderawasih Panji merupakan salah satu jenis Cenderawasih (bird paradise) yang hidup di hutan-hutan Papua. Nama ilmianya adalah Pteridophora alberti.

Dibandingkan jenis lainnya, Cenderawasih Panji tergolong kecil. Panjang tubuhnya hanya sekira 22 centimeter. Burung jantan dewasa berbulu hitam dan kuning tua. Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam.

Yang unik adalah adanya dua helai helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40 centimeter. Dua bulu ini dapat ditegakkan untuk menarik perhatian burung betina. Iris mata berwarna coklat tua, kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut.

Burung betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap. Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan.
Burung Cenderawasih Panji masih banyak ditemukan di hutan-hutan Papua. Namun, jika tidak dijaga, burung indah ini juga dapat punah. Burung jantan diburu untuk diambil bulu kawatnya.