Ceri

buah ceri

Melihat bentuknya, pasti kalian sudah tahu naman buah ini, kan? Ya, buah ceri. Buah yang indah bentuknya dan manis rasanya.

Ceri adalah buah dari tanaman ceri golongan Prunus. Tapi, tidak semua jenis ceri bisa dimakan. Ceri yang buahnya dapat dikonsumsi adalah jenis Prunus avium, dalam bahasa inggris disebut wild cherry atau sweet cherry.

Tanaman Ceri ini tergolong tanaman musiman. Tumbuh dengan baik di derah sub tropis yang beriklim sejuk. Karenanya, tanaman ceri sulit tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis.

Pada musim semi, daun yang baru akan tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya bunga. Bunganya sangat indah. Satu kuntum bunga memiliki lima helai mahkota bunga, berwarna putih cerah.

Pohon Ceri

Saat berbunga, tanaman ceri terlihat indah. Karenanya, tanaman ini banyak ditanam di kebun, taman, atau tepi jalan sebagai tanaman penghias.

Pohon Ceri dapat tumbuh setinggi 15 – 30 meter. Diameter batangnya mencapai 1,5 meter. Daunnya berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Tepi daun bergerigi. Daun ceri berwarna hijau cerah. Namun, pada musim gugur, daun berubah warna menjadi orange atau merah.

Buah ceri berbentuk bulat seperti kelereng. Saat mentah, buah berwarna hijau. Ketika masak, buah berwarna merah cerah. Tangkai buahnya panjang menjuntai. Ceri bisa dimakan langsung karena rasanya manis. Selain itu, sering juga dijadikan hiasan kue tart, es krim, atau koktail.

Ada juga jenis tanaman ceri yang buahnya tak bisa dimakan, tapi bunganya sangat indah. Lebih indah dari ceri jenis lainnya. Ceri jenis ini dinamakan “Cherry blossom”. Di jepang dikenal dengan “Sakura”.

 

BACA JUGA: PAPRIKA SI CABAI MANIS