Danau Kakaban, Air Laut di Tengah Pulau

Danau Kakaban, Air Laut di Tengah Pulau

Danau biasanya berisi air tawar. Tapi di perairan Kalimantan Timur ada sebuah danau yang berair asin. Namanya danau Kakaban.

Danau Kakaban terbentuk dari air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban selama jutaan tahun yang lalu. Namun, Ditambah dari air hujan dan air dari pulau Kakaban selama jutaan tahun yang lalu. Danau Kakaban terletak di tengah pulau Kakaban, sebuah pulau karang di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Luasnya sekira 5 kilometer persegi. Tepinya berdinding karang terjal setinggi 50 meter.

hAir di danau Kakaban adalah air payau, yaitu campuran air laut dan air tawar. Airnya sangat jernih. Di tepi danau ditumbuhi banyak tanaman bakau. Pada saat-saat tertentu, pengunjung danah Kakaban dapat menyelam untuk menikmati keindahan bawah air danau.

Ubur-ubur Di Danau

Salah satu keunikan danah Kakaban adalah fauna airnya. Ada salah satu jenis ubur-ubur khas danau kakaban, yaitu ubur-ubur Cassiopea. Ubur-ubur ini bersimbiosis dengan sejenis algae. Algae ini menempel pada kaki-kaki ubur-ubur. Karena algae membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis, maka ubur-ubur pun bergerak dengan bagian kaki di atas. Jadilah, ubur-ubur di danau Kakaban berenang terbalik. Ubur-ubur seperti ini hanya ada di dua tempat di seluruh dunia. Satu di danau Kakaban, dan satu lagi di kepulauan Mikronesia, Samudera Pasifik.f

Pulau Kakaban dalam bahasa daerah setempat berarti pulau yang “memeluk’. Nama ini diambil dari bentuk pulau Kakaban yang seolah yang “memeluk danau”.