Danau Superior, Danau Air Tawar Terluas di Dunia

Danau Superior, Danau Air Tawar Terluas di Dunia

Sebagian besar air yang ada di bumi adalah air laut yang asin. Air tawar jumlahnya sangat sedikit. Air tawar di permukaan bumi terdapat di sungai dan danau. Nah, salah satu danau yang menyimpan air tawar adalah Danau Superior.

Danau Superior adalah danau air tawar terluas di dunia. Luasnya mencapai 82.000 kilometer persegi. Luas ini setara dengan 70 kali luas danau Toba di Indonesia. Wah, luas sekali, ya!

9Danau ini memiliki panjang maksimal 563 kilometer, lebar maksimal 257 kilometer, dan titik terdalamnya mencapai 406 meter. Kedalaman rata-ratanya adalah 149 meter. Sedangkan kelilingnya mencapai 4.393 kilometer. Air yang tertampung di danau ini mencapai 12.232 km kubik air tawar. Jumlah ini setara dengan 10% jumlah air tawar di permukaan bumi.

Uniknya Danau Ini

Danau Superior terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Danau ini dijadikan jalur transportasi air yang disebut Jalur Air Danau Besar (Great Lakes Waterway).

Air di danau Superior cukup dingin. Suhu rata-ratanya 4 derajat Celsius. Pada musim dingin, sebagian danau Superior membeku. Di tepi danau ini, ada sebuah gua yang membeku saat musim dingin. Pengunjung dapat melihat tetesan air yang membeku membentuk gua es yang sangat indah.8

Ombak di danau Superior mirip dengan ombak laut. Kadang-kadang terjadi badai yang menimbulkan ombak besar.