Doa Dan Dzikir di Hari Jum’at

Doa Dan Dzikir di Hari Jum'at

Hari Jumat adalah hari yang istimewa diantara hari-hari yang lain. Allah Ta’ala telah memberikan hari Jum’at sebagai hari yang penuh barakah bagi kaum muslimin.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam ‘alaihis salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [HR. Muslim]

Lalu, apa yang bisa kita lakukan agar hari Jumat kita lebih barakah? Yuk, kita pelajari!

Memperbanyak shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam 

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

Shalawat yang dibaca adalah shalawat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, seperti shalawat yang dibaca pada saat duduk tasyahud.

Membaca Surat Al-Kahfi 

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya bacaan tersebut menjadi cahaya baginya yang meneranginya antara dua Jumat.” (HR. AlHakim dan Al-Baihaqi)

Memperbanyak Doa pada sore hari 

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu dan Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda, “Hari Jumat terdiri atas dua belas jam setiap hamba muslim memohon apapun kepada Allah Azza Wa Jalla pada hari itu, pasti Dia memenuhi permohonannya, karena itu carilah kesempatan emas tersebut pada akhir waktu sesudah shalat ashar.” (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)

BACA JUGA: SHALAT SUNNAH YANG MENGIRINGI SHALAT JUM’AT