Doa itu Ibadah

Doa itu IbadahAdik-adik, kalian pasti hafal doa-doa harian, kan? Misalnya, doa untuk orang tua, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum tidur, doa bangun tidur, doa masuk ke kamar mandi, dan doa-doa lainnya. Nah, semua itu jika diamalkan akan mendapatkan pahala dari Allah, karena berdoa itu adalah ibadah.

Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga malam, banyak perbuatan dan yang kita lakukan. Jika setiap amalam disertai dengan doa yang benar dan sesuai petunjuk Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, maka sama saja kita beribadah sepanjang hari. Dan, pahala akan kita dapat pun semakin banyak.

Perintah Berdoa

Allah subhanahu wata’ala berfirman :

“Dan Rabbmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’.” (QS. Ghafir : 60)

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, ad du’a-u huwal ibadah, “Doa itu adalah ibadah.” (HR. Ahmad, Abu Daud).

Baca juga : Perbagus Bacaan Al Qur’anmu

Berdoa Kepada Selain Allah Adalah Kesyirikan

Orang-orang beriman selalu berdoa dan memohon hanya kepada Allah. Hanya Allah yang bisa mengabulkan semua doa dan permohonan kita.

Orang yang sombong tidak mau berdoa kepada Allah ta’ala. Dia merasa tidak membutuhkan Allah ta’ala.

Orang-orang musyrik berdoa kepada selain Allah. Mereka ada yang memohon kepada malaikat, meminta kepada Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam, atau kepada orang shaleh yang sudah meninggal. Perbuatan ini termasuk kesyirikan.

Orang yang berdoa kepada selain Allah adalah orang yang musyrik dan kafir. Allah akan memasukkan mereka ke dalam neraka jahanam.

Rasulullah bersabda kepada Ibnu Abbas yang ketika itu masih kecil :

“..Bila kau meminta, mintalah pada Allah dan bila kau memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah..” (HR. Tirmidzi)

Belajarkan kepada ummi dan abi atau ustadz dan ustadzah tentang doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam atau doa doa yang ada dalam alqur’an.

Semoga kita semua dimudahkan untuk menghafalkan doa doanya dan kemudian mengamalkannya. Dan kita digolongkan sebagai hamba Allah yang shalih, dan berharap bisa masuk surga. Aamiin