Dune du Pilat – Bukit Pasir yang Menelan Hutan

DunePylaBukit pasir atau gurun pasir tak hanya ada di Arab atau Afrika. Di Eropa, ada juga bukit pasir. Letaknya di negara Perancis. Namanya, Dune du Pilat atau Bukit Pasir Pilat.

Dune du Pilat terletak di kawasan teluk Arcachon, 60 kilometer dari Bordeaux, Perancis.  Bukit pasir ini berhadapan langsung dengan Samudera Atlantik, memanjang dari utara ke selatan. Dune du Pilat adalah bukit pasir terbesar di yang ada di Eropa. Bukit pasir ini berukuran lebar 500 meter, panjang 3.000 meter, dan tinggi 107 meter di atas permukaan laut.

 

Uniknya, bukit pasir ini seolah bergerak ke arah daratan. Bukit pasir bergerak antara 1 hingga 5 meter tiap tahunnya. Semakin lama, bukit pasir ini semakin dekat dengan hutan yang ada di dekatnya. Dan, dalam 50 tahun terakhir, bukit pasir ini telah bergerak sejauh 280 meter ke arah daratan dan menimbun pepohonan pinus, jalanan, sampai rumah.

photo-634369077710781250-1

Apa yang membuat bukit pasir Pilat ini bergerak? Bukit pasir ini bergerak akibat tiupan angin dari samudera Atlantik. Pasir terdorong angin hingga mencapai puncak, dan turun lagi ke arah daratan. Hingga secara perlahan bukit pasir ini seolah berpindah atau bergerak ke arah daratan.

Dune-of-Pyla-Europe
Dune du Pilat menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi pelancong. Tersedia sebuah tangga untuk memudahkan pengunjung mencapai puncak. Dari puncaknya, pengunjung bisa menikmat panorama keindahan hutan hijau dan lautan luas.