Generasi Mulia, Teladan Kita

Generasi Mulia, Teladan Kita

Para sahabat nabi adalah generasi pertama kaum muslimin. Mereka belajar Islam langsung dari Nabi Muhammad. Mereka berdakwah dan berjuang bersama Rasulullah. Mereka adalah orang-orang pertama yang menghafal ayat demi ayat Al-Qur`an, sekaligus mengamalkannya.

Para sahabat nabi adalah generasi Islam paling terpuji. Mereka tak pernah membantah perintah perintah Rasulullah. Mereka tak pernah melanggar larangan Rasulullah. Mereka mendengarkan dan taat terhadap Rasulullah.

Para sahabat adalah generasi Islam paling mulia. Merekalah contoh dan teladan kaum muslimin. Merekalah wujud pengamalan Islam yang nyata.

 

Sahabat Nabi mendapat pujian dari Allah

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At-Taubah: 100)

 

Sahabat Nabi adalah Generasi Islam yang Terbaik

خَيْرُ النَّاسِ قُرُنِي ، ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ، ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلْوْنَهُمْ

“Sebaik-baik manusia adalah yang ada pada zamanku, kemudian setelah mereka, kemudian setelah mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Rasulullah melarang kita untuk mencela para sahabat

لَا تَسُبُّوا أَصْحَابيِ ، لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ مِثْلَ أُحُدٍ ذَهَبًا مَا بَلَغَ مُدَّ أَحَدِهِمْ وَلَا نَصِيفَهُ

“Jangan engkau cela sahabatku, andai ada diantara kalian yang berinfaq emas sebesar gunung Uhud, tetap tidak akan bisa menyamai pahala infaq sahabatku yang hanya satu mud (satu genggam), bahkan tidak menyamai setengahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)