Grand Prismatic Spring, Mata Air Panas Berpelangi

Di Taman Nasional Yellowstone, Amerika terdapat mata air panas yang sangat unik. Jika dilihat dari atas, mata air panas ini menyerupai danau berwarna-warnai. Namanya Grand Prismatic Spring.

Grand Prismatic Spring

Grand Prismatic Spring adalah sebuah mata air panas yang membentuk danau. Terletak di Yellowstone National Park, Amerika Serikat. Danau ini berdiameter 110 meter dan dalamnya mencapai 40 meter. Setiap menit, air panas yang keluar dari mata air ini sebanyak 2.100 liter dengan temperatur 70 derajat Celsius.

Prismatic Spring

Danau Berwarna-warnai

Mata air panas ini ditemukan pada tahun 19871 oleh beberapa ahli geologi yang sedang melakukan penelitian di sana. Mereka mendapati sebuah mata air panas yang berwarna-warni. Warna tersebut mirip dengan warna pelangi, atau warna hasil pemantulan cahaya oleh prisma; merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Mata air panas ini lalu dinamakan Grand Prismatic Spring.

Warna-warna tersebut terbentuk dari aktivitas mikroorganisme dan endapat mineral. Bagian terpinya berwarna merah, sedangkan bagian tengah berwarna biru.

Grand-Prismatic-Spring

Grand Prismatic Spring adalah mata air panas terbesar ketiga di dunia. Mata air panas terbesar pertama adalah Frying Pan Lake di Selandia Baru, dan terbesar kedua adalah Boiling Lake di Dominica.