Ibis Karau – Burung Unik yang Hampir Punah

Burung memiliki banyak sekali jenis. Ada yang hidup liar dan mudah dijumpai. Ada pula yang tinggal di wilayah tertentu dan jumlahnya sangat sedikit. Salah satunya adalah Ibis Karau, burung asal Kalimantan yang hampir punah.

Ibis Karau

Burung Unik

Ibis Karau (Pseudibis davisoni) tergolong burung berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekira 75 cm. Kepalanya botak, tidak memiliki jambul. Paruhnya berwarna hitam, panjang, dan membengkok ke bawah. Iris matanya berwarna gelap.

Ibis karau memiliki bulu berwarna hitam. Bagian belakang kepala hingga pangkal leher berwarna putih atau biru terang, sehingga terlihat seperti mengenakan bando. Inilah yang menjadi ciri khas Ibis Karau, dan menjadikannya dinamakan “White-shouldered Ibis”.

Baca juga : Owa Ungko – Primata Langka Asli Indonesia 

Sayap dan ekornya berwarna hitam mengkilat dan pada bagian bawah terdapat sedikit warna coklat. Tungkai dan kaki berwarna merah.

ibiskarau.jpg.jpeg

Ibis Karau hidup di lahan basah, seperti hutan rawa atau daerah aliran sungai di sekitar hutan. Makanannya adalah hewan-hewan air kecil, beberapa jenis amfibi, dan binatang lunak lainnya. Mereka makan dengan cara menusuk-nusukkan paruh panjangnya ke dalam air atau lumpur.

Ibis Karau adalah burung yang sangat langka. Burung ini hanya tersisa hidup di Kamboja dan Indonesia dengan jumlah 600-1.000 ekor. Di Indonesia, burung ini hanya ada di sekirat sungan Mahakam, Kalimantan, dan jumlahnya pun hanya 100 ekor. Karena itulah, Ibis Karau digolongkan sebagap spesies terancam punah.

burung-ibis-karau-pseudibis-davisoni.jpg