Ikan Opah, Ikan Unik Berdarah Panas

Coba lihat bentuknya, unik kan? Besar dan bundar. Inilah ikan Opah.

Ikan Opah

Ikan opah dinamakan juga ikan moonfish. Mungkin karena bentuknya yang bundar, mirip bulan (moon). Nama ilmiahnya adalah Lampris guttatus.

Sisik ikan opah berwarna merah karat, dengan bintik-bintik putih dan sirip merah terang. Tubuhnya bulat dan bisa tumbuh sepanjang 1,8 meter dengan berat rata-rata 90 kg. Tubuh ikan opah berukuran setara dengan ban mobil.

opah_1

Ikan opah dapat hidup di perairan seluruh dunia. Mereka hidup di laut dalam, yaitu pada kedalaman 50 – 400 meter. Laut dalam sangat dingin. Tapi, ikan opah tidak pernah kedinginan. Ikan opah punya alat untuk menjaga suhu tubuhnya.

Baca juga : Ikan Duyung bukan Putri Duyung

Ikan opah memiliki sepasang sirip merah panjang. Sirip ini mengepak saat sedang berenang. Gerakan kedua sirip inilah yang menghasilkan panas dalam tubuhnya. Ikan Opah memiliki lapisan lemak tebal yang melindungi jantung, insang, dan otot sirip dada dari air dingin di sekitarnya. Sehingga suhu ikan opah selalu lebih hangat dari suhu air di sekelilingnya. Karena mampu mengatur suhu tubuhnya, ikan opah disebut sebagai ikan berdarah panas.

a

Ikan opah adalah predator. Mereka makan cumi-cumi dan ikan-ikan kecil. Meski bertubuh besar, mereka dapat berenang gesit untuk berburu mangsanya.