KALKUN, Ayam Besar Berbulu Indah

ayam kalkun

Namanya Kalkun. Ada juga yang menyebutnya ayam Belanda. Sejenis ayam, tapi ukurannya lebih besar. Bunyinya juga khas, “kul…. kul….kul….!” Kamu pernah melihatnya, kan?

Kalkun memiliki bentuk yang unik. Bulunya indah mengkilap. Kepalanya gundul, dihiasi kulit kepala tebal berlipat-lipat, berwarna merah dengan bercak putih dan biru. Pada bagian leher ada lapisan kulit menggelambir berwarna kemerahan. Matanya berwarna merah kehitaman.

Kalkun jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat jelas. Kalkun jantan memiliki tubuh yang lebih gagah. Bulu-bulunya lebih banyak, warnanya lebih indah, terutama pada bulu sayap dan ekor yang dapat mengembang. Sedangkan pada kalkun betina, bulu ekornya lebih sedikit dan terjuntai ke bawah.

Selain itu, pada kalkun jantan terdapat jengger panjang yang menjuntai ke bawah hingga menutupi paruhnya. Pada kalkun betina, jengger berukuran kecil.

Di Indonesia, ayam kalkun jarang dikonsumsi daging atau telurnya. Kebanyakan, ayam kalkun dijadikan binatang piaraan atau penghias taman. Namun di beberapa negara, ayam kalkun dijadikan menu makanan lezat dan bergizi.

 

BACA JUGA: ORCA, SI RAJA LAUTAN